Senin, 08 September 2014

GOA GEDE


Wah nulis cerita lama membuat saya kembali teringat tentang sebuah pantai yang sangat exsotic dan terjaga keasliannya pantai Gua Gede yang lokasinya selalu membuat saya kangen untuk kembali kesana. Rencananya upacara 17 agustus tahun ini (2014) dihelat dipantai ini, tapi karna beberapa hal teknis maka agendanya di pindahkan ke daerah madasari. Dan sudah saya ulas juga di BAGIMU NEGRI
DAY 1
Hari itu rencanaya temen temen (Deddy, Sigit, Ori, Lambang, Hendrev, Iwan ma Anton) mau piknik ke daerah cicaladi tapi treknya muter muter dulu dengan estimasi 3 hari perjalanan yakni sabtu, minggu dan senin tanggal 29-30-31 maret. Rada aneh juga untuk orang yg belum kenal dengan mereka karna mau ke cicaladi ( daerah ujung genteng ) dari bogor malah lewat halimun - citorek - bayah - pelabuhan ratu - ujung genteng. Tapi emang mereka rada rada sengklek kok. Xixixixi
Saya yang sebagai kuli masih harus bekerja dihari sabtu sampai jam 2 siang, sehingga berangkat subuh bersama teman teman menjadi hal yang ngak bisa saya ikuti. Nah kebetulan ada teman juga ingin ikut nyusul si Duta, hem gayung bersambut nih. Akhirnya sebelum berangkat saya dah menyiapkan perlengkapan untuk piknik kali ini sekiranya 2-3 hari. Pamit berangkat kerja keistri dan anak langsung aja gas charming menuju kantor. Jam 2 pas saya coba kontak Duta untuk menananyakan posisinya ada dimana, ternyata dia masih terkena macet didaerah parung sampai akhirnya sampe kantor tempat saya bekerja jam 4 sore. Tanpa basa basi langsung ajak Duta ngegas lagi karna infonya teman teman sudah di cipanas dan akan segera masuk ke citorek. Perjalanan kami berdua mulai dari kantor dimana saya kerja dengan tempo yang cepat. Ditengah jalan si duta ingin mengganti oli mesinnya karna lupa dah lama belum diganti, akhirnya kami berhenti di bengkel pinggir jalan daerah pasar leuwiliang sekedar mengganti oli dan langsung kami lanjutkan, dipertengahan jalan hujan turun dan  membuat kami berhenti sejenak hanya untuk menggunakan jas hujan. Sampai akhirnya kita tiba di pertigaan cipanas sekitar jam 5:40an dang saya putuskan untuk istrahat sejenak karna sudah mau menjelang magrib, sekaligus mengisi perut karna kami sendiri ngak tau kondisi jalan didepan. Maka amannya mending makan dulu dah.
Sekitar jam setengah tujuh kami pun mulai bersiap untuk bergegas menyusul yang lainnya, selama menunggu kami berusaha untuk menghubungi mereka via telepon tapi tidak bisa tersambung itu dikarenakan  tidak adanya singnal. Hmmm cukup menjadi gambaran buat saya kondisi didepan bahwa pasti hutan karna signal aja ngak ada yg nyantol. Padahal posisi mereka berada disini sekitar jam 2 sebelum lanjut masuk citorek. Sebenarnya saya belum pernah lewat jalur ini dan si duta berpikir saya sudah pernah lewat jalur ini, dia bertanya di depan ada alfamart ato indomart tam? saya jawab ada (padahal boro boro tau) tapi mendingan beli perbekalan ransumnya disini aja, jawab saya.
Akhirnya roda si Charming pun berputar masuk ke citorek. Night Ride tengah hutan tempat penambangan emas illegal yang banyak gurandilnya (penambang emas tradisional) bikin dag dig dug juga sih tapi enjoy aja selama niat kita baik insyallah dimudahkan. Perjalanan dari cipanas ke desa citorek lancar jaya jalannya juga beton baru sehingga cukup cepat kita sampai didaerah citorek sekitar satu jam perjalan. Kemudian saya coba menghubungi yang lain kali ini ada nada sambung dan ada jawaban.
Saya         : dimana ded?
Deddy   : baru keluar citorek tam. Loe dmana?
Saya        : Di kasepuhan citorek
Deddy   : oh lanjut aja
Saya        : ok. Gw ma duta lanjut
Dari percakapan saya ma Deddy sempet membuat saya merenung "buset mereka masuk jam 2 baru keluar jam 8". Hem panjang banget jalurnya, kebayang masih beberapa jam lagi riding di kondisi yang kami sendiri ngak tau dan malam pula. Ayo dut kita lanjut dan bener aja keluar desa citorek kita berasa riding di sungai karna jalan yang kita lewati berbatu dan basah. Disini Duta sempat impas ( jatoh kekanan dan kekiri) xixixixixi sampai akhirnya kami dibantu oleh penduduk lokal yang kebetulan pulang setelah melakukan penambangan.

Perjalanan kami lanjutkan dan menemukan jalan beton ditengah hutan dan seketika aroma semerbak wewangian bunga langsung tercium, Saya tanya Duta dia jawab kagak....kagak...... gw ngak cium bau apa apa, tapi ridingnya mepet banget disebelah, saya suruh didepan ngak mau…. Xixixixixi
Riding asik denga jutaan bintang dilangit amboi indahnya sampai akhirnya ketemu cabang 4 yang berbentuk “K” suer nih bikin binggung banget. Disini duta tanya lewat mana tam? saya jawab bentar  liat dulu di hp, maksud hati liat Google Maps. Tapi signal pada ilang semua…. Hahahahahah bingung campur was was, tapi dengan penuh style dan gaya saya mengarahkan ke salah satu jalan, lewat sini aja dut lebih cepet, padahal asli saya sendiri aja ngak tau jalannya bener apa ngaknya. Tapi mencoba untuk yakin walaupun jalannya semakin lama semakin serem xixixixixixi. Untung aja setelah sejam ketemu peradaban dan ada beberapa pemuda yang sedang duduk duduk, maka tak sungkan kami untuk bertanya arah menuju bayah. Dan si pemuda tersebut berkata lurus terus aja aa nanti ada pertigaan ambil kiri. Alhamdullilah berarti bener nih jalannya xixixixixixixi. Selama perjalanan dari desa kasepuhan Citorek kondisi jalan luar biasa hancur dan tidak beraspal banyak pula kubangan, adapun di tengah hutan kami melintasi jalan beton yang sampe sekarang saya juga ngak ngerti kenapa ada jalan beton ditengah hutan.
Selepas keluar jalur citorek saya merasa perlu istrahat dulu di daerah Warung Banten Bayah… rasanya kriting jari jari tangan soalnya dihajar dari siang. Di emperan toko yang sudah tutup ini baru saya cerita ke Duta bahwa saya belum pernah lewat jalur ini dan dia pun maki maki dengan penuh heran, Cuma senyum aja ngeliat kepanikan siduta xixixixixixixi. Sambil istrahat kami coba menghubungi yang lainnya ternyata mereka sedang beristrahat dipantai Pulau manuk daerah sawarna, tempat yang dah cukup saya hapal karna dari 2007 hampir tiap tahunnya maen kedaerah ini tapi sekarang dah ngak asik dah ngak cantik seperti dulu. Langsung aja saya pelintir gas sicarming menuju lokasi jarak yang ngak begitu jauh membuat waktu tempuh cukup singkat. Dan akhirnya jumpa para sahabat yang lebih dulu tiba, segera saya menyiapkan posisi untuk beristrahat dini hari ini sebelum melanjutkan perjalanan dipagi nanti.
DAY 2
Setelah pagi tak lupa numpang eksis dikamera… xixixixixi

Ngak perlu waktu lama untuk kami berkemas meninggalkan pantai Pulo manuk ini karna mengejar jalur ke cicaladi. Tapi sungguh mengejutkan di pantai sawarna kondisi yang belum pernah kami liat disini adalah terjadinya kemacetan diakibatkan tumpang tindihnya lalu lintas di jembatan gantung, baik itu yang berjalan kaki ataupun yang menggendarai motor. Cukup tertahan juga hingga 30 menitan kami disini sampai akhirnya jurus rusuh dikeluarkan xixixixixi
Akhirnya setelah melihat padatnya pantai sawarna terpikir bahwa kawasan wisata pastinya akan ramai dikunjungi wisatawan dikarnakan ini merupakan long week end. Maka setelah berembuk kami putuskan menuju pantai siopang. Tapi karna asik ngegas lewat juga tuh pantai siopang kwakakakakak mana jalannya makin ngak jelas sampai akhirnya diujung pertigaan jalan. Jurus andalan sok akrab langsung aja di praktekin. Pa kalo jalan yang ke kiri kemana? Kecitarante nah kalo yang ke kanan? Ke cirongrang. Ok lah kekanan aja benak saya, dan langsung saya arahin temen temen ke kanan. Sebenarnya jalur ke kiri atau ke citarante lebih bagus karna bentuknya batu yang tersusun rapih (tapi ngak tau juga kesananya) dan lagi pula pantai Citarante pernah juga kita ninggalin jejak disana. Nah yg kekanan ini yang ke cirongrang jalannya aja gak berwujud kwakakakakak sampe si Menembus Batas a.k.a Hendrev nanya ke saya : loe tau jalannya tam? saya jawab kagak, tapi jangan bilang yang laen xixixixixixi.



Nah Taste of Adventure yang kami rasain disini bahwa kondisi jalan didepan tak ada satupun yang tahu dari rombongan kami, itu sesuatu yang membuat kami kecanduan maen ama orang orang seperjalan seperti ini. Bener aja baru masuk  aja disuguhin jalanan menurun tapi acak acakan. Akhirnya goyang dombret dah semua kuda besi yang ikut bahkan ada beberapa yang rebahan.
Asli jalurnya maknyos


Nah asik kan jalurnya


Sampai sampai klx 250 yang dikendarai opa Ori kepeleset
Nah disini roda kuda besi kami semua serasa terjebak dengan tanah merah yang semalam habis diguyur oleh air hujan, maka diperlukan kerjasama dan kekompakan dalam riding. karna jumlah orang yang ikut ada 9 maka saya putuskan kepada rombongan untuk membaginya menjadi 3 jadi masing masing tim terbagi menjadi 3 orang. karna posisi saya, duta dan sigit didepan maka kami menjadi tim pertama sementara rombongan para "purnawiran" : Hendrev, Deddy,Iwan kelompok kedua dan terakhir : Lambang, Anton, Opa Ori.
Fungsi dari dipecahnya kelompok agar kami bisa saving tenanga karna kami hanya mengurusi grup masing masing disini tidak ada yang bantu selain timnya sendiri agar fokus bisa lewati jalan seperti ini:







Karena kalo posisi paling depan bantu sampai posisi paling belakang asli capeknya pasti pollllllll
Motor aja begini penampakannya :

Buktinya ketika sigit mencoba untuk membuka spakbor depannya karna macet oleh tanah maka dia harus buka roda depan dan disinilah petaka buat sigit tapi ilmu bagi kita semua. kenapa petaka??? karna baut as rodanya ilang entah kemana maka kami ganti dengan kabel tis yang kami minta ke Deeddy


Karna kami rombongan yang pertama sampai maka kami mencoba merampok warga yang lagi rebus singkong… tehnik surpipal nih kwakakaka alias minta makan seketemunya orang….
Hahahahah yang penting kenyang, malah kami minta untuk si bapak masakin nasi agar kami bisa bertahan dari kelaparan ini. 
Sementara sibapak menyiapkan masakan kami tim pertama coba peruntungan untuk telusur bukit menuju pantai :


Tapi ternyata dari posisi geografis pantai tampak masih jauh dan melewati beberapa bukit dan nampak tak ada kehidupan sejauh mata memandang, maka kami putuskan untuk balik kanan karna kondis medan yang masih tanda tanya serta waktu yang menunjukan sekitar jam 3an maka bendera putih terpaksa dikibarkan... kwakakakak karna alam bukan untuk ditaklukan tapi disiasati kawan......
Hemmmm ternyata masakan yang dimasak oleh sibapak sudah siap santap langsung aja baca doa makan xixixixixi.

Canda dan guyonan yang membuat makan siang ala kadarnya kali itu terasa sungguh nikmat, selepas makan siang kami istrahat untuk melaksanakan sholat dan merokok sampai saya mulai merasa khawatir dengan kondisi awan yang nampak mulai hitam dan berkumpul, setelah diskusui dengan Menembus Batas maka diputuskan untuk balik kanan menuju pertigaan jalan terakhir tadi, tapi kondisinya sudah masing masing hingga posisi aman yaitu dimana kita mulai turun tadi. kondisi jalan didepan pasti menanjak sehingga membutuhkan tenaga exstra pasti. nah mumpung bubur lumpur yang kita leawati sudah agak keras maka dapat bonus agak entengan kali ini. star pertama saya sendiri sambil memacu si charming untuk chek point tanpa sungkan saya meninggalkan mereka hingga sampai di tempa chek point dan turun kembali kebawah dengan jalan kaki dan membawa tali webbing. Hasilnya setelah nanjak.

Kondisi Menembus Batas A.K.A Pur 1 yang dapet "jalur sisa" karna orang terakhir yang menempuh tanjakan.

Setelah semua sampai pada Chek Point maka kami mencoba untuk lanjut pantai siopang tapi kondis yang terlalu sore maka tampak keyakinan teman teman mulai goyah dan raut wajah kecapean nampak jelas tersirat, yang diperlukan adalah istrahat yang layak saat ini maka kami mengurungkan memaksa masuk kejalur siopang dan memilih rest diwarung tepat dipertigaan jalur kepantai siopang dan merencanakan lanjut sebelum pagi sehingga dapat melihat sunrise. 
Warung tempat kami istrahat sungguhn nyaman karna motor dapat diposisikan didalam saung dan kami bersembilan dapat tidur dengan selonjoran dibale dengan nyaman. rencana ami lanjutkan disubuh nanti ternyata gagal karna keletihan dan capainya jalur Goa Gede membuat rekan rekan tertidur pulas dan selamat tinggal Cicaladi kwakakakakak. Maka kami putuskan untuk pulang saja, kaarna tidak mungkin untuk lanjut kecicaladi dengan sisa hari hanya 1 ini.
Day 3

Suasana tempat kami bermalam, disini sibapak warung sempat menawarkan sarapan pagi untuk kami semua tapi kami tolak secara halus karna ada rencana kejutan "sarapan di citarante" kebetulan sekali jalur pulang pasti lewat citarante. tanpa basa basi kami langsung gas kesana.


Suasana pantai Citarante selalu buat kangen

Dan lucunya si teteh Sari yang tinggal dengan bapaknya masih ingat rombongan kami yang sempat mencoba mensiasati jalur tanjakan Iko galauuuuuuu. Balik lagi mau coba lanjut yang kemaren yah? hahahah tawa kami pun lepas begitu saja, jadi gini teh kami tuh mau minta makan sambil dibakarin ikan yah, seloroh kang Deddy. Sambil nunggu nasi yang ditanak temen temen malah maen air dan saya berbincang dengan nelayan yaitu bapak Odon yang ternyata kakak dari si teteh Sari. 
Saya : banyak ikannya pak?
Pak Odon : ah susah kalo lagi musim angin gini ngak ada ikan
Saya : nah biasnya kalo ngak nyari ikan bapak tani?? 
Pak Odon : paling anter orang kelaut wisata
Saya : Oooooohh
Pak Odon : habis gimana lagi
Nah setelah itu malah jadi berpikir liar dengan Menembus Batas, kenapa ngak si pak Odon aja yang anterin kita ke pantai tertunda kita???? iya juga yah saut si Pur 1. langsung saya utarakn ke pak Odon dan dia pun menyambutnya dengan bahagia hayok saya antar saut dia dan setelah menyetujui harga antar yang telah disepakati bersama pak Odon dan rekannya mendorong kapalnya menuju laut. Ada cerita yang menarik di sebuah sampan jukung yang umumnya di isi oleh enam orang kali ini di huni oleh sebelas orang (kayak tim sepak bola) sampai akhirnya mesin kapal malah mati. Ahhhhhh LUAR BIASA lah rasanya. perasaan senang, duka, cemas macem macem lah. untuk videonya dapat dilihat diklik  I WILL surpaip xixixi dan satu lagi


Lepas dari pantai Goa Gede kami langsung menyantap ikan bakar yang telah tersaji, dan melanjukan kembali kerumah masing masing disore harinya.
Sungguh pengalaman yang seru dimana dapat bertemu dengan sahabat baru, tempat baru, rasa petualangan yang baru, menemukan pantai yang masih asri seperti ini, semoga tidak ada manusia serakah yang merusak indahnya pantai Gua Gede. Arti persahabatan yang kami semua petik dari perjalanan kali ini membuat kita semua bersukur bahwa teman perjalan merupakan aset yang sangat penting dalam melakukan trip.

Foto foto lampiran : 






1 komentar: